Wednesday, September 23, 2009

Agnostic???

Pertama kali tau kata-kata ini dari facebook Ondrej, teman baru yang diperkenalkan oleh Yuni waktu bukber kom 99 tanggal 15 september kemaren. Di facebooknya, Ondrej menempatkan agnostic as his religion view....
Well, untuk orang Indonesia yang hanya mengenal 5 agama besar, plus beberapa agama laen (yang masih dianggap menyalah) tentu saja istilah ini asing sekali.

Setelah browse di wikipedia, dapet sedikit pencerahan tentang apa itu agnostic... Ini ni kutipannya,

"Agnostisisme adalah suatu pandangan filosofis bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu -- umumnya yang berkaitan dengan theologi, metafisika, keberadaan Tuhan, dewa, dan lainnya-- adalah tidak dapat diketahui dengan akal pikiran manusia yang terbatas. Seorang agnostik mengatakan bahwa adalah tidak mungkin untuk dapat mengetahui secara definitif pengetahuan tentang "Yang-Mutlak"; atau , dapat dikatakan juga, bahwa walaupun perasaan secara subyektif dimungkinkan, namun secara obyektif pada dasarnya mereka tidak memiliki informasi yang dapat diverifikasi. Dalam kedua hal ini maka agnostikisme mengandung unsur skeptisisme. Agnostisisme berasal dari perkataan Yunani gnostein (tahu) dan a (tidak). Arti harfiahnya "seseorang yang tidak mengetahui".
Agnostisisme tidak sinonim dengan ateisme.

Apa bedanya agnostisisme dengan atheis?
Well, dari beberapa literatur yang aku baca ternyata kalo penganut atheis mengatakan bahwa mereka mengetahui kalo Tuhan itu tidak ada, sementara penganut agnotisisme menganggap tidak cukup bukti untuk menegaskan ato menolak keberadaan Tuhan.

Hmmm.....

3 comments:

  1. ehm.. denger agnostik dari sapa nim? ehm ehm... :P

    ReplyDelete
  2. dari temen fb ku yang orang ceko din...
    penasaran aja sih apa itu agnostic hehehehe

    ReplyDelete
  3. Haaaaaaaaaaaa!!!baru mudeng aku maksud dari ehm ehm itu...
    waaaaaa!!!Dindaaaaa

    ReplyDelete